sejarah hotel dan dunia perhotelan di indonesia

sejarah hotel dan dunia perhotelan di indonesia – Menurut Drs. Oka A. A. Yoeti, histori perhotelan sesungguhnya telah diawali sejak Mariam serta Yusuf memerlukan tempat menginap pada saat Mariam juga akan melahirkan Nabi Isa, hal semacam ini searah dengan peradaban manusia yg senantiasa membutuhkan tempat untuk berlindung sesaat pada cuaca panas serta dingin dalam lakukan aktivitas perjalanan.

sejarah hotel dan dunia perhotelan di indonesia

sejarah hotel

sejarah hotel

sejarah hotel

Pada saat kerajaan Romawi sudah dibuat rumah penginanpan yg dimaksud “MANSIONES” yg berada selama jalan raya paling utama dengan jarak semasing sekitaran 40 KM. Lalu sepanjang era pertengahan, ketentuan keagamaan di Eropa memerintahkan supaya dibuat beberapa tempat menginap di selama jalan yg dilewati orang (road side inn).

Pada saat Perang Salib berkecamuk, banyak entrepreneur rumah penginapan yg membuat beberapa tempat untuk beberapa prajurit perang, juga untuk beberapa peziarah yg tengah bepergian ke tanah suci seperti tertulis di kitab Injil.

Diluar itu, gereja-gereja yg ada pula memberi service berbentuk penyediaan sarana beristirahat pada beberapa pelancong yg memerlukannya. Umumnya gereja pada saat itu memiliki dua buah dapur, yg satu untuk beberapa Rahib yg tinggal di sana serta yg yang lain untuk beberapa pelancong yg menginap. Tidak di ambil pungutan biaya, namun diinginkan ada sumbangan suka-rela untuk mereka yg dapat.

Menurut Juiceupadi Salmun SH, dalam film – film Western (cowboy) sekitaran th. 1800 s. d 1900, telah ada hotel yg bersebelahan dengan saloon serta bar restaurant, yg bermakna mulai sejak kehidupan th. itu penyediaan hotel, motel, penginapan atau losmen sudah di kenal orang jadi fasilitas atau penunjang untuk beberapa pelancong.
Hotel dengan stadard yg tambah baik pertama-tama di buat di Inggris, lalu Perancis, Swiss serta sebagian negar populer yang lain. Satu penginapan di New York City menurut Willam S. Gray serta Salvatore C. Linguori sudah memegang peran perlu dalam kancah Revolusi Hotel di Amerika.

 

Terlebih dulu, satu Flat (Mansion) yg bernama De Lancey pada th. 1762 sudah beralih jadi satu hotel dengan nama baru yakni Queens Head Tavern. Dalam sejarahnya gedung ini tetaplah dijaga dengan baik jadi simbol yg mencerminkan waktu dulu Amerika Serikat serta saat ini sudah jadi satu restaurant yg besar dengan nama Frannces Tavern. Lalu menyusul hotel di Covent Garden th. 1774 yg berdampingan dengan bioskop dekat Westminsfer di kota London.
Sebagian kelompok Amerika berasumsi hotel yg betul-betul hotel dengan 170 kamar dibangun di New York th. 1794 dengan nama City Hotel.
Lalu menyusul Boston’s Tremont House dengan 270 kamar di th. 1829 yg bukan sekedar memberi service untuk tinggal sesaat, namun juga sediakan ruangan untuk converence untuk orang-orang setempat.
Mulai sejak itu jadi menyusul hotel-hotel begini :
1. Thn 1830-1850 – berdirinya Hotel Aster, The Palmer House serta The Sherman House di Chicago, Hotel planters di St. Louis.
2. Thn 1865 – berdiri The St. Pancras Station and Hotel di London
3. Thn 1875 – berdiri The Palace di San Fransisco dengan biaya $ 5 Juta, adalah hotel paling besar serta termegah ketika itu dengan jumlah 800 kamar.
4. Thn 1880 – berdiri Ellsworth Milton Statler di New York, yakni hotel pertama yg dibuat untuk kebutuhan “Business Travellers” serta adalah “Chain Hotel” pertama didunia.
5. Thn 1894 – berdiri The Netherlands Hotel di New York jadi hotel pertama yg memakai sambungan telepohone yg connecting kedalam tiap-tiap kamarnya.
6. Thn 1896 – berdiri hotel The Waldorf Astoria di New York.
Satu hal yg bisa dicatat tentang tempat hotel sebelumnya serta setelah th. 1900 di Amerika serta Eropa, biasanya berada tidak jauh dari station kereta api. Walau demikian, saat dunia sudah mengetahui mobil serta pesawat terbang, tempat hotel tak akan bergantung pada station kereta api, karena pemenuhan segi aksibilitas lewat alat transportasi telah berbentuk diversifikatif sekali.
Histori perubahan perhotelan di Indonesia belum juga banyak tersingkap, juga belum juga banyak buku yg mengungkap problem ini. Indonesia sudah di kenal didunia pariwisata mulai sejak sebelumnya Perang Dunia ke I, namun jumlah wisatawan yg bertandang masih tetap termasuk beberapa ribu. Bersamaan dengan perubahan kehadiran wisatawan asing ke indonesia yg lebih membutuhkan fasilitas akomodasi pariwisata berbentuk mencukupi, jadi semasa penjajahan kolonial Belanda, mulai tumbuhlah hotel-hotel di Indonesia.

hotel indonesia hotel dan travel
sejarah hotel dan dunia perhotelan di indonesia | bookflightandhotels.com | 4.5